Berita

Musyawarah Desa Rembug Stunting Desa Rejosari Tahun 2024

Desa Rejosari, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal - Senin, 3 Juni 2024

Pada hari Senin, tanggal 3 Juni 2024, telah dilaksanakan Musyawarah Desa Rembug Stunting Desa Rejosari untuk Tahun Anggaran 2025. Acara ini berlangsung di Aula Balai Desa Rejosari, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. Musyawarah tersebut dihadiri oleh beberapa pihak penting, antara lain:

  1. Camat Kangkung
  2. Kapolsek Kangkung
  3. Perwakilan dari Koramil Cepiring
  4. Kepala Puskesmas Kangkung 1
  5. BPD
  6. TPK
  7. PKK
  8. KPMD
  9. Kader Posyandu
  10. Bidan Desa
  11. Guru PAUD
  12. RT dan RW
  13. Tokoh agama
  14. Karang Taruna

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan dari Kepala Desa Rejosari, yang menyampaikan pentingnya program penanggulangan stunting sebagai prioritas utama dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat desa. Kepala Desa menekankan bahwa masalah stunting harus ditangani secara menyeluruh dan terpadu oleh semua pihak terkait.

Selanjutnya, Camat Kangkung yang diwakili oleh H Romdhon memberikan arahan mengenai kebijakan pemerintah daerah dalam penanggulangan stunting. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah desa, tenaga kesehatan, serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting. Beliau juga mengatakan bahwa berita acara rembug stunting menjadi penting karena akan menjadi bahan monitoring dalam penyusunan RKPDES dan APBDES 2024.

Kemudian Pemaparan dari KPM tentang jumlah penerima manfaat dari laporan diagnostik dusun dan rekomendasi dari aplikasi EHDW untuk menjadi prioritas dalam perencanaan di tahun 2025.

Bidan Desa Rejosari Ibu Sukowati juga menyampaikan tentang Posyandu ILP yang sudah berjalan di Desa Rejosari, dan beliau juga menyampaiakn PUSTU di Desa Rejosari sudah ada dan berjalan dengan baik.

Kepala Puskesmas Kangkung 1 kemudian memaparkan data terkini mengenai kasus stunting di Desa Rejosari serta rencana aksi yang akan diambil untuk tahun anggaran 2025. Beliau juga menekankan pentingnya pola makan yang sehat, sanitasi yang baik, serta pemeriksaan kesehatan rutin bagi ibu hamil dan balita.

Sekretaris Desa Bapak Sismunaji dalam pemaparannay menyampaikan realisasi pemanfaatan dana desa tahun 2024 di rembug stunting  ini. Beliau juga menyampaiakn usulan prioritas bidang kesehatan tahun anggaran 2025.

Kemuadian Pendamping Desa Rejosari, Rini Irawati menyampaikan tentang alur penyampaian usulan yang digalu dari masyarakat, lembaga desa, yang akan di prioritaskan dalam penyusunan RKPDES.

Musyawarah desa ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta musyawarah dengan para narasumber. Masyarakat desa yang hadir aktif bertanya dan memberikan masukan terkait program penanggulangan stunting. Dari hasil diskusi, disepakati beberapa langkah konkret yang akan diambil untuk menurunkan angka stunting di Desa Rejosari, antara lain:

  1. Peningkatan edukasi dan penyuluhan mengenai gizi dan kesehatan ibu dan anak.
  2. Pengadaan fasilitas sanitasi yang memadai di desa.
  3. Penguatan posyandu dan pelayanan kesehatan di desa.
  4. Pemberian bantuan pangan bergizi bagi keluarga kurang mampu.

Musyawarah desa ini ditutup pada pukul 12.00 WIB dengan doa bersama. Diharapkan hasil dari musyawarah ini dapat memberikan dampak positif dalam upaya penanggulangan stunting di Desa Rejosari dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa secara keseluruhan.

Berita ini ditulis oleh Tim Dokumentasi Desa Rejosari.

Share :

Cuaca Hari Ini

Minggu, 21 Juli 2024 18:29
Sedikit Berawan
29° C 25° C
Kelembapan. 70
Angin. 1.39